Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Program Paket C

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Program Paket C

Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Program Paket C

Pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Program Paket C

atau setingkat sekolah menengah atas (SMA) dilaksanakan selama 4 sampai 5 hari pada 12-16 April 2019. Seperti dilansir akun Instagram Kemdikbud.ri, terdapat dua program yang ditawarkan,yaitu program ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Program IPA terdiri dari bahasa Indonesia, kimia, matematika, biologi, bahasa Inggris, pendidikan kewarganegaraan, dan fisika. Sedangkan untuk IPS, yaitu Bahasa Indonesia, geografi, sosiologi, matematika, bahasa Inggris, dan ekonomi.

Ujian nasional ini digelar sejak Jumat (12/4/2019) dan berakhir Rabu

(16/4/2019). Adapun ujian dilaksanakan dalam 3 sesi, di antaranya sesi pertama pukul 08.30 – 10.30 dan sesi kedua pukul 13.30 – 15.30 waktu sempat.

Pelaksanaan UNPK ini dilatarbelakangi para siswa yang sebelumnya tidak mengikuti sekolah atau pendidikan formal. Melalui ijazah Paket C setara SMA, setiap siswa bisa melamar ke perguruan tinggi, menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS), pegawai swasta atau aparat keamanan.

Berdasarkan data yang didapat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

(Kemendikbud RI) disebutkan, pada 2017 peserta UNPK Program Paket C mencapai 248.097 siswa. Hampir setiap tahun, yang mengikuti ujian ini jumlahnya mencapai ribuan. Untuk persyaratannya, antara lain 5 lembar ijazah sekolah menengah pertama (SMP) yang sudah dilegalisasi, foto ukuran 3 x 4 sebanyak 10 buah (menggunakan kemeja putih dan latar merah serta ditulis nama lengkap di belakang foto). Terakhir, mengunduh formulir pendaftaran yang disediakan penyelenggara.***

Baca Juga :

Tags: