Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia 2018

Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia 2018

Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia 2018

Pasar smartphone Indonesia melonjak pada penutupan 2018

. Samsung masih menjadi vendor jawara di Q4 dan sepanjang tahun lalu.

Menurut riset Canalys, pengiriman smartphone Indonesia mencapai rekor tertinggi yakni 38 juta pada 2018, naik 17,1% dibandingkan 2017.

Canalys menunjukkan pasar telah melakukan pemulihan total dari titik terendah di 2016 (pertumbuhan tahunan -3,3%) dan 2017 (pertumbuhan tahunan 0,6%), akibat peraturan TKDN.

Pasar tumbuh secara konsisten sepanjang 2018 meskipun momentum melambat

menjelang akhir tahun karena pelemahan Rupiah terhadap AS dolar, dan tetap berkinerja jauh lebih baik daripada negara lain di wilayah Asia Pasifik.

Pada Q4 2018, total pengiriman smartphone Indonesia mencapai 9,5 juta unit, tumbuh 8,6% dari periode sama tahun 2017.

“Pasar smartphone Indonesia berada di puncaknya,” kata Manajer Riset Canalys Rushabh Doshi.

Perkembangan pesat di penjualan online memicu pertumbuhan

, seiring konsumen sehat yang bergairah untuk upgrade smartphone. Pada saat yang sama, merek-merek baru bergabung ke pasar. Indonesia kembali ke daftar atas pasar smartphone yang terus tumbuh, karena lingkungan relatif stabil (peraturan dan sosial) dibandingkan dengan pasar negara berkembang lainnya.

“Persaingan pasar meningkat secara dramatis. Lima besar vendor sekarang menguasai 80% pangsa pasar dibandingkan 65% setahun yang lalu,” tambah Doshi.

Perekonomian yang digerakkan oleh aplikasi mobile menggarisbawahi semakin pentingnya smartphone.

“Pemain global seperti Huawei dan Apple, menempatkan Indonesia dalam rencana ekspansi jangka panjang. Saat pasar tumbuh, vendor yang lebih kecil dan vendor lokal kemungkinan akan semakin menderita karena kenaikan biaya pemasaran dan R&D sementara perang harga dari pemain global semakin kuat.

Sumber :

https://dolanyok.com/

Tags: