SMK Tri Mitra Karawang Juara di “Festival Ramadan 2019”

SMK Tri Mitra Karawang Juara di “Festival Ramadan 2019”

SMK Tri Mitra Karawang Juara di Festival Ramadan 2019

Grup Marawis Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Mitra Karawang berhasil

meraih juara pertama dalam “Festival Ramadan 2019” yang digelar salah satu televisi swasta, Selasa (8/5/2019). Atas hasil tersebut, grup bernama El-Mitra Junior itu akan tampil di babak semifinal yang akan disiarkan langsung pada 22 Mei 2019.

“Alhamdulillah kita juara di gelombang pertama. Nanti kita akan tampil dan bersaing dengan para pemenang di setiap gelombang,” ujar Pembina Marawis SMK Tri Mitra Karawang, Japar Sodiq saat dihubungi, Rabu (16/5/2019).

Japar mengatakan, ini kali kedua tim binaannya meraih juara di ajang yang sama, yakni pada 2016. “Waktu kemarin kakak kelasnya yang main dan sekarang sudah lulus. Sekarang diteruskan oleh adik kelasnya,” katanya.

Hasil tersebut, lanjut Japar, merupakan hasil kerja keras yang ditunjukkan siswanya.

Terlebih, mereka harus berani tampil di depan kamera. “Tampil di depan kamera lebih sulit dibandingkan hanya tampil di atas panggung. Tapi, Alhamdullah kita menang dan jadi makin tambah semangat,” tuturnya.

Ia menjelaskan, konsep yang ditampilkan dalam ajang ini adalah kebudayaan Nusantara. Khusus untuk semifinal besok, dirinya telah menyiapkan inovasi dengan mengolaborasikan marawis dengan pupuh Sunda. “Kita ingin menampilkan sesuatu yang unik,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ekskul marawis, tambah Japar, secara tidak langsung juga mengasah p

endidikan karakter para siswa. Dengan metode pemberian contoh dan pembiasaan, diharapkan siswa mampu menerapkan ilmu marawis dan diiringi pembenahan karakter.

“Mereka juga belajar tentang tanggung jawab dan kedisilinan. Bahkan, kita punya program khusus untuk melakukan bakti sosial ke masyarakat,” tambahnya.

Kepala SMK Tri Mitra Karawang, Iwan Sumitra mengapresiasi prestasi yang diraih peserta didiknya. Ekstrakurikuler (ekskul) yang telah dibentuk sejak 2012 itu diharapkan mampu mewadahi kreativitas siswa. “Dengan moto ‘Menyebarkan Syiar Melalui Syair’, saya berharap kegiatan ini tak hanya sebatas ekskul,” harapnya.

Meskipun bersifat hiburan, lanjut Iwan, namun prestasi yang telah ditorehkan harus mampu melatih jiwa profesionalisme siswa. “Mereka pun harus belajar dan mengelola kegiatan mereka dengan profesional dan proporsional,” pungkasnya.***

Sumber :

https://vidmate.co.id/

Tags: