Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input  sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolaannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer itu terbagi dalam 5 generasi

Komputer generasi pertama (1946-1957)

pada saat terjadi perang dunia pertama negara negara maju mencoba mengembangkan suatu alat yang dapat mempermudah misi/tugas mereka yang mereka sebut KOMPUTER hal ini mengakibatkan meningkatkan pendanaan pada bidang ini, pada tahun 1941 “konrad zuse” seorang insinyur jerman membangun sebuah komputer yang bernama Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali jarak jauh.
pihak inggris juga tidak mau ketinggalan dalam ajang pertempuran di bidang tekhnologi dan mereka membuat sebuah komputer yang dapat memecah kode rahasia pada komputer jerman, yang dinamakan “colossus”, dampak dari pembuatan komputer “colossus” ini tidak berdampak besar pada industri komputer dunia karena dua alasan :
1.    “colossus” bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), penciptaannya hanya untuk memecahkan kode rahasia
2.    komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang terakhir
di pihak amerika mengembangkan sebuah komputer yang disebut “mark1” yang dibuat oleh seorang insinyur harvar yang bekerja di IBM “howard h. aiken”, dengan panjang komputer tsb setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel 500mil.
mark1 merupakan komputer relay elektronik yang menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. dan hanya dapat memproses setiap perhitungan dalam waktu 3-5 detik dan tidak flexibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).

1946 Dan inilah komputer serbaguna pertama yang di ciptakan (ENIAC) dibuat dengan kerjasama antara pemerintah amerika serikat “angkatan darat USA” dengan university of pennsylvania.dan dirancang oleh john presper eckert pada tahun 17 mei 1943 sebagai proyek PX dan dibangun di “moore school of electrical enginering”  sejak pertengahan 1944 dan dioperasikan secara resmi sejak februari 1946 menelan biaya sebesar $500.000 kemudian dimatikan 9 november 1946 untuk meningkatkan memorinya komputer dandi operasikan kembali pada tanggal 29 juli 1947 hingga pukul 23:45 pada 2 oktober 1955.dengan catatan ENIAC bukan komputer tercanggih di eranya. itu karena (Z3 dan mark1) dapat menjalankan programnya dari sebuah kaset dan eniac melakukan perhitungan berdasarkan desimal bukan biner.
Spesifikasi ENIAC:
•    17.468 tabung vacum
•    70.000 resistor
•    7200 dioda kristal
•    1500 pemancar
•    10.000 capasitor
•    dan 5 juta titik solder
•    dan mengonsumsi daya yang sangat besar 160kw.
•    dan berat 27 ton
1947. Harvard Mark II
1948.   Ibm Selective Sequence Electronic Calculator
1949.  Komputer Yang Sepenuhnya Stored-Program Yang Pertama EDSAC (Electronic     Ddelayed storage Automatic)
1949.  Harvard Mark III
1950.   Komputer Digital Elektronik Ukuran Besar Di Inggris Yang Pertama ACE (Automatic Calculating Engine)
1950.  SEC (Simple Electronic Computer)
1951.  Komputer Komersial Di Inggris Yang Pertama LEO (Lyon Electronic Office)
1951.  Komputer Yang Menggunakan Pita Magnetik Yang Pertama  UNIVAC (Universal   Automatic Computer)
1952.   Komputer Yang Sepenuhnya Stored-Program Di Amerika Yang Pertama EDVAC  (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
1952.   Komputer Yang Menggunakan Core Memory Yang Pertama Whirlwind I
1953.   IBM 701
1954.   Komputer Komersial Generasi Pertama Paling Populer IBM 605
1956.   Komputer Yang Menggunakan Simpanan Luar Dengan Akses Ssecara Radom Yang Pertama RAMAC (Radom Access Methods For Accounting and Control)
1957.   IBM 705

komputer generasi kedua

komputer generasi kedua ini di buat pada waktu penemuan transistor pada tahun 1948 yang merupakan penemuan terbesar sepanjang masa, transistor di buat untuk menggantikan tabung vacum yang memakan daya yang sangat besar dan panas.akibat penemuan transistor ini membuat perangkat elektronika menjadi lebih kecil dan efisien.
komputer pertama kali menggunakan transistor pada tahun 1956 dan penemuan lain pada waktu itu adalah memori yang terbuat dari inti magnetik menyumbang untuk pembangunan komputer generasi kedua ini yang membuat komputer ini lebih kecil dan efisien.
IBM membangun super komputer bernama STRETCH dan SPERY RAND membuat komputer bernama LARC kedua komputer ini sangat mahal sehingga membatasi kepopulerannya Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
komputer generasi kedua ini menggunakan bahasa assembly untuk menggantikan bahasa mesin yang ada pada waktu itu.

baru pada tahun 1960 an baru bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, pemerintahan dan university.

Contoh komputer generasi kedua yang diterima di kalangan industri pada tahun 1945 yaitu : komputer IBM 1401

Di tahun 1970-an, saat mikroprosesor sudah matang teknologinya, komputer mulai menjadi personal. Semuanya tidak bisa dilepaskan dari perang Steven Wozniak dan Steven Jobs yang merupakan pendiri Apple Computer. Keduanya dianggap sebagai pencipta PC yang sukses di pasarkan secara masal, Apple I, yang kemudian diikuti dengan versi berikutnya Apple II.
komputer generasi kedua ini memiliki flexibelitas yang tinggi dan harga yang lebih murah dan komputer ini sudah dapat mencetak document-document dan mencatat daftar gaji dan faktur pembelian konsumen. dan bahasa pemprograman yang mulai bermunculan pada waktu itu seperti COBOL dan FORTRAN mulai umum digunakan .

komputer generasi ketiga

komputer generasi ketiga ini sudah menggunakan IC yang menggantikan transistor yang cepat panas dan berpotensi dapat merusak komponen lainnya. seorang insinyur di texas instrument “jack killby” pada tahun 1958 mengembangkan sebuah komponen yang terbuat dari pasir kuarsa “IC” dan para ilmuwan berhasil memasukkan lebih bayak komponen ke dalam satu chip yang disebut semiconduktor hasilnya komponen menjadi semakin kecil dan kemajuan yang tidak kalah penting pada komputer generasi ketiga ini adalah telah dibenamkannya sistem operasi kedalam komputer tersebut. yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program dalam waktu bersamaan dan memonitor kinerja komputer.

komputer generasi kelima

setelah penemuan ic membuat komputer semakin efisien dan lebih kecil dan hemat daya dan para ilmuwan mengembangkannya hingga menjadi lebih kecil
1.    large scale integration (LSI) memuat komponen dalam jumlah ratusan
2.    ultra large scale integration (ULSI) memuat komponen dalam jumlah jutaan
perkembangan ic yang sangat pesat ini membuat harganya lebih murah dan perubahan ukuran komputer menjadi kecil dan meningkatnya kinerja komputer tersebut
pada tahun 1971 intel mengeluarkan processor 4004 membawa kemajuan pada IC degan meletakkan semua komponen dalam sebuah IC/CHIP dan tak lama kemudian alat-alat rumah tangga juga menggunakan IC spt microwave, televisidan oven dilengkapi dengan microprocessor.
dan pada tahun 1970 produsen komputer menawarkan produknya kekomsumen dan tidak lagi di dominasi oleh perusahaan dan pemerintah. pada tahun 1980 an video game seperti atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat di program.

pada tahun 1981 IBM memperkenalkan personal komputer (PC) untuk rumahan dan pekantoran. IBM bersaing dengan APPLE untuk memperubutkan pasar konsumen, IBM kalah oleh pesaingnya di karenakan APPLE sudah menggunakan grafish sedangkan IBM masih menggunakan teks.

pentium1, pentium2. pentium3 dan pentium 4 dan AMD athlon dsb itu masuk ke dalam komputer generasi ke empat.

komputer generasi kelima

komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang memilki processor yang dapat memproses triliunan operasi per detik dengan tekhnologi nano yang sudah diterapkan pada komputer generasi kelima sebagai contohnya: intel corei3, corei5, corei7 dan masih banyak yang lain.
komputer generasi kelima ini juga sudah dapat mengenali suara dan berinteraksi dengan penggunanya dan memiliki memori yang sangat besar .


Baca Artikel Lainnya:

Tags: