Pengertian Penelitian Beserta Jenisnya Lengkap

Pengertian Penelitian Beserta Jenisnya Lengkap

Pengertian Penelitian

Pengertian Penelitian

Riset atau penelitian sering digambarkan sebagai proses penyidikan yang dilakukan oleh aktif, rajin dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menafsirkan, dan merevisi fakta-fakta. Penyelidikan intelektual menghasilkan pengetahuan yang lebih dalam tentang suatu peristiwa, perilaku, teori, dan hukum, serta peluang untuk aplikasi praktis dari pengetahuan itu.

Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan pengumpulan informasi yang komprehensif tentang topik tertentu, dan biasanya berhubungan dengan hasil ilmu atau metode ilmiah. Kata penelitian ini diserap dari bahasa Inggris berasal dari bahasa Perancis, yang secara harfiah berarti “tuntas”.

Jenis-Jenis Penelitian

  • Penelitian ilmiah

Penelitian ilmiah adalah seri pengamatan terus terhubung, untuk mengumpulkan dan melahirkan teori-teori yang dapat menjelaskan dan memprediksi fenomena. Penelitian ilmiah sering dikaitkan dengan metode ilmiah sebagai prosedur yang digunakan untuk melakukan penelitian yang sistematis.

Penelitian ilmiah juga merupakan salah satu cara untuk menjelaskan fenomena alam. Kehadiran penelitian ilmiah untuk membuat ilmu berkembang, karena hipotesis yang dihasilkan oleh penelitian ilmiah seringkali memiliki retroduksi.

  • Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif ‘adalah tentang ilmu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subyek) disorot dalam penelitian kualitatif. Teori dasar yang digunakan sebagai panduan untuk fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan.

Selain landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar belakang studi dan diskusi hasil penelitian. Ada perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif.

Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori ke data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan di peneliti penelitian kualitatif berangkat dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan “teori”.

  • Penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah studi ilmiah yang sistematis dari bagian-bagian dan fenomena dan hubungan. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model matematika, teori dan / atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah rumusan kalimat menunjukkan hasilnya, sesuatu yang diperoleh setelah penelitian selesai, sesuatu yang akan dicapai / dibahas dalam penelitian ini. Perumusan tujuan mengungkapkan peneliti ingin menjawab masalah penelitian yang diusulkan. Oleh karena itu, perumusan tujuan harus relevan dengan isu identitas ditemukan, rumusan masalah dan mencerminkan proses penelitian. Fungsi Tujuan Penelitian:

  1. Untuk mengetahui gambaran berbagai fenomena alam
  2. Untuk menjelaskan hubungan antara berbagai acara
  3. Untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  4. Untuk menunjukkan efek tertentu

Proses pengukuran adalah bagian sentral dalam penelitian kuantitatif karena menyediakan koneksi mendasar antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan kuantitatif.

Sumber : https://pensil.co.id/

Tags: