Mengenal Proyek Sandcastle: Mendekatkan Android pada iPhone

Mengenal Proyek Sandcastle: Mendekatkan Android pada iPhone

Mengenal Proyek Sandcastle Mendekatkan Android pada iPhone
Mengenal Proyek Sandcastle Mendekatkan Android pada iPhone

Mungkin “perang” antara Android dan iPhone sudah lama berakhir, atau setidaknya meredup. Namun kita melihat

hingga hari ini masih banyak perbedaan di antara keduanya. Ada sebuah proyek bernama Sandcastle yang bisa mendekatkan keduanya, yaitu memasang Android di iPhone.

Dilansir dari Android Authority, sampai saat ini, perangkat iOS yang kompatibel menggunakan proyek ini masih terbatas pada iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod Touch generasi ketujuh.

Android pada iPhone saat ini juga masih terbatas dalam fungsinya. Perangkat seperti kamera, audio, konektivitas seluler, dan Bluetooth belum berfungsi. Dengan kata lain, jangan berencana mem-flash Android pada iPhone 7 Plus dan menggunakannya sebagai driver harian Anda.

Walaupun masih banyak keterbatasan, tapi pengembang proyek Sandcastle berjanji apabila banyak yang menyukai

perangkat keras Apple tetapi tidak berminat menggunakan iOS, di masa depan, akan ada opsi untuk menukarnya dengan Android. Sebaliknya, jika ada fitur yang disukai tentang Android yang tidak ditawarkan iOS, Anda bahkan bisa bertukar bolak-balik antara dua sistem operasi pada satu perangkat.

Proyek ini bukanlah yang pertama. Lebih dari sepuluh tahun lalu, atau sekitar tahun 2010, proyek ini pernah dikerjakan pula. Kala itu iPhone yang dipakai yaitu iPhone 2G, seperti diwartakan Android Police. Pengembang proyek ini sepuluh tahun lalu, David Wang dan Chris Wade, juga merupakan bagian dari proyek Sandcastle.

Jika Anda ingin mencoba Android pada iPhone dan memiliki perangkat keras yang kompatibel, Anda dapat

memeriksa situs Project Sandcastle di sini untuk mencoba versi beta.

Perlu diperhatian, Android untuk iPhone dalam versi beta memiliki pengujian terbatas. Dampak apa pun pada baterai, kinerja, atau komponen lainnya tidak diketahui. Harap berhati-hati dalam menginstal dan menggunakan versi ini.

Baca Juga:

Tags: