Kontrol Absensi Perkuliahan, AMIK Mitra Gama Duri Terapkan SIAPt

Kontrol Absensi Perkuliahan, AMIK Mitra Gama Duri Terapkan SIAPt

Kontrol Absensi Perkuliahan, AMIK Mitra Gama Duri Terapkan SIAPt

Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Mitra Gama saat ini menggunakan sistem berbasis komputer dalam mengkontrol absensi perkuliahan. Sistem ini didesain oleh Tim Pengembang Sistem AMIK Mitra Gama. Nama aplikasi dari sistem ini, yaitu Sistem Administrasi Perguruan Tinggi (SIAPt).

Salah satu keunggulan SIAPt, dapat mengontrol kehadiran dosen dan mahasiswa

terhadap perkuliahan yang akan dilaksanakan, atau pun sedang berjalan dan berakhirnya perkuliahan. Dengan hadirnya aplikasi SIAPt, dosen dan mahasiswa harus hadir dan menyelesaikan perkuliahan sesuai dengan waktu yang ditentukan atau tepat waktu.

“SIAPt ini dirancang berbasis website. Sebagai ilustari dari sistem ini, sebelum proses perkuliahan dimulai sistem ini pertama kali akan mendeteksi kehadiran atau tidaknya dosen dalam proses perkuliahan,” ujar Direktur AMIK Mitraga Gama Duri, Pauzun SKom MSc kepada GoRiau.com, melalui Wakil Direktur Bidang Akademik, Candra Surya SKom MKom.

Setelah proses pertama terpenuhi, lanjutnya, berikutnya sistem akan mendeteksi hadir atau tidaknya mahasiswa dalam proses perkuliahan. Setelah proses kedua berjalan, proses belajar mengajar baru dapat berjalan.

“Hal ini meminimalisir terjadinya proses kecurangan yang dilakukan oleh mahasiswa

maupun dosen dalam hal presensi. Sistem ini tidak berjalan sampai disitu. Pada sesi akan berakhirnya perkuliahan, sistem akan mendeteksi kembali apakah keberadaan dosen dan mahasiswa masih ada,” ungkap Candra, Sabtu (23/4/2016).

Dikatakannya lagi, perkuliahan baru dianggap selesai jika proses yang disebutkan diatas terpenuhi. Sistem ini juga dikemas dengan sistem keamanan dan untuk masuk ke sistem ini berdasarkan waktu yang telah ditentukan.

“Awal adanya sistem ini menjadi pro dan kontra bagi mahasiswa dan dosen. Hal ini dikarenakan

beberapa dosen dan mahasiswa tidak mampu menjalankan kemauan dari sistem, yaitu displin. Dengan berjalannya waktu aplikasi ini dapat diterima dengan baik dan perlu diberikan apresiasi kepada tim pengembang sistem AMIK Mitra Gama,” katanya.

Menjadi kebanggan bagi Amik Mitra Gama Duri, karena aplikasi ini juga digunakan oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau. Dengan adanya sistem ini diharapakan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dan mutu dari lulusan AMIK Mitra Gama semakin baik dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, khususnya Provinsi Riau.

AMIK Mitra Gama adalah sebuah perguruan tinggi berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi (Telematika) yang berada di Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, secara resmi didirikan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 64/D/O/2002.

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/O1LUuC66i1A7j6q

Tags: