Jika Lulus Uji Kompetensi, Kepala SD Boleh Menjabat Empat Periode

Jika Lulus Uji Kompetensi, Kepala SD Boleh Menjabat Empat Periode

Jika Lulus Uji Kompetensi, Kepala SD Boleh Menjabat Empat Periode

Sesuai Permendikbud No 6/2018, yang dulu tugas tambahan sekarang jadi tugas pokok

. Saat ini jabatan Kepala Sekolah Dasar (SD) diperbolehkan sampai empat periode.

Hal ini disampaikan dalam sosialisasi uji kompetensi Kepala Sekolah, yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dengan Dinas Pendidikan  Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Asdullah Anwar kepada Reaksi, Selasa (11/12) mengatakan, uji kompetensi yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari amanah Permendikbud No 6 tahun 2018 mengenai penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Dalam aturan tersebut, terdapat perbedaan dengan aturan sebelumnya yakni, ketika dulu

, jabatan kepala sekolah bukan merupakan tugas pokok karena tugas pokoknya seorang guru adalah mengajar, jadi kepala sekolah merupakan tambahan. Dulu jabatan kepala sekolah maksimal 3 periode tetapi sekarang ditambah menjadi 4 periode.

Mereka yang mengikuti jenjang kepala sekolah diperiode ke 4 terlebih dulu harus memenuhi syarat yakni yang terangkum melalui uji kompetensi mulai dari kepribadian, supervisi dan kewirausahaan dalam uji kompetensi ini dibutuhkan waktu sekurang- kurangnya dua jam untuk menjawab 100 soal dan dilanjutkan dengan penilaian lain melalui wawancara, adapun kriteria yang diujikan beraitan dengan kompetensi sosial, kepribadian dan terakhir pengembangan kewirausahaan dalam rangka peningkatan mutu sekolah termasuk prestasi, dalam wawancara mereka diminta melakukan presentasi selama periode terakhir.

Pesertanya ada 58 kepala SD se-Kabupaten Cirebon yang ikut uji kompetensi. Ditambahkan, ujian itu merupakan amanah dari Permendikbud bahwa mereka yang sudah masuk periode ke 3 yang dilaksanakan di hotel Apita 10-11 Desember.

“Ini amanah Permendikbud, bagi mereka yang sudah 3 periode

menjabat kepala sekolah diperbolehkan menjadi 4 periode asal memenuhi syarat melalui uji kompetensi ini,” pungkas H. Asdullah Anwar.

Diberitakan sebelumnya, Kabid Mutasi dan Kepangkatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) kabupaten Cirebon Sri Darmanto menyampaikan setidaknya terdapat 58 kepala SD sekabupaten Cirebon yang akan mengikuti uji kompetensi.

“Untuk pelaksanaan nanti, pada tanggal 10,11 Desember. Rencananya dilaksanakan di hotel Apita,” katanya.  (R2)

Baca Juga :

Tags: