FAKTOR YANG MENDORONG STUDI KAB DI INDONESIA

FAKTOR YANG MENDORONG STUDI KAB DI INDONESIA

FAKTOR YANG MENDORONG STUDI KAB DI INDONESIA
FAKTOR YANG MENDORONG STUDI KAB DI INDONESIA

1. Adanya kenyataan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari sejumlah suku bangsa dengan latar belakang kebudayaan, bahasa daerah, dialek, nilai-nilai dan falsafah pemikiran agama, kepercayaan dan sejarah yang berbeda.
2. Adanya pergeseran nilai dalam masyarakat sebagai akibat pembangunan di segala sektor kehidupan.
3. Derasnya arus informasi dan komunikasi yang dibawa oleh media massa (modern) dan para wisatawan yang memperlancar kontak-kontak kebudayaan.
4. Pertambahan penduduk yang menuntut peningkatan sarana dan prasarana umum baik dalam kualitas maupun kuantitas.
5. Segi Pribadi
Sebagai makhluk sosial manusia harus berhubungan (bersosialisasi) dengan manusia lainnya. Dalam melakukan sosialisasi tersebut tidak jarang berkenalan, berteman, bergaul atau bersahabat dengan orang lain yang berbeda suku bangsa, dialek, nilai-nilai dan falsafah pemikiran, latar belakang budaya, dll.
Untuk itu maka diperlukan suatu pengertian diantara mereka. Saling pengertian ini dapat diwujudkan apabila dari setiap individu secara pribadi mau belajar budaya orang lain.
Individu yang gagal dalam mengadaptasi budaya lain dapat menderita gegar budaya (culture shock) yaitu kecemasan yang disebabkan oleh hilangnya tanda-tanda dan lambang-lambang dalam pergaulan sosial.

Sumber : https://abovethefraymag.com/

Tags: