Dosen UIN Syarif Hidayatullah Tegaskan Peran Agama Penting dalam Pemilu

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Tegaskan Peran Agama Penting dalam Pemilu

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Tegaskan Peran Agama Penting dalam Pemilu

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama Kota Tangerang

mengadakan Fokus Group Discussion (FGD) sebagai upaya menghindari politik identitas dan mewujudkan kerukunan antar umat beragama menjelang pemilu 2019, Selasa (22/01).

Acara FGD itu  bertajuk ‘Peran serta Agama Dalam Menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan Menjelang Pemilu 2019 digelar di restoran Telaga Sea Food BSD Kota Tangerang Selatan.

Tampak hadir  dua narasumber dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Media Zainul Bahri dan Ketua Komisi Kerukunan Umat Beragama MUI Kota Tangerang Selatan.

Dalam FGD itu, Media Zainul Bahri mengatakan, dilaksanakannya Pemilu maupun tidak

, kerukunan umat beragama di Indonesia harus diwujudkan. Menurut Ketua Jurusan Prodi Studi Agama-Agama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, kalau tidak terjalin kerukunan antar umat agama, maka negara tidak akan stabil dan warga negara tidak akan produktif.

“Kerukunan umat beragama ini penting, mau ada pemilu atau tidak ada pemilu karena kalau tidak rukun tidak ada stabilitas yang membangun, dan kita tidak akan produktif. Bukan hanya pembangunan fisik yah, tetapi juga kondisi psikologis kita,” katanya.

Saat ditanya terkait seberapa berpengaruh politik identitas bila digunakan kepada kehidupan beragama, Zainul mengatakan sangat berpengaruh memecah belah umat beragama. Solusinya umat beragama pake nalar, menggunakan akal sehat dan kritis, serta tetap setia kepada kualitas personal atau iman.

 “Sikap keagamaan personal itu meliputi kehidupan personal dan keimanan personal.

Kualitas personal ini hanya diri sendiri yang tau, begitu pun dengan kualitas personal keimanan kita hanya Allah (Tuhan) yang tahu,” imbuhnya.

H. Abdul Rojak MA Sekum MUI Tangsel mengatakan,” Mari kita sambut Pemilu 2019 dengan hati bersih dan sikap saling menghargai  juga menghormati terhadap perbedaan pilihan partai. (R2)

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/

Tags: