Debat Pilpres, Apa Saja yang Dibicarakan Netizen?

Debat Pilpres, Apa Saja yang Dibicarakan Netizen?

Debat Pilpres, Apa Saja yang Dibicarakan Netizen

Malam ini 17 Februari 2019, Debat Pilpres putaran kedua akan digelar.

Agenda politik lima tahunan ini pun tak luput menjadi topik viral tersendiri di media sosial dan juga online.

Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan sebanyak 72.534 buzz selama sebulan sebelum hingga pada hari dilaksanakannya debat putaran pertama.

Namun bagaimana dengan euforia netizen jelang debat kedua Pilpres 2019

yang akan dilaksanakan pada malam hari ini?

Terhitung dari 18 Januari hingga 10 Februari 2019, Isentia menemukan 118.122 buzz di media sosial dan online terkait debat Pilpres putaran kedua ini.

95.9% dari perbincangan tersebut berlangsung di Twitter, 2.2% melalui artikel-artikel di media online, 1.6% di Facebook, sementara 0.2% sisanya pada blog dan forum.

‘KPU’ (Komisi Pemilihan Umum) merupakan kata yang paling banyak di-mention

, yakni sebanyak 10.955 kali, diikuti dengan kata ‘Korupsi’ 10.536 kali, dan ‘Tim’ – yang mengacu pada tim pemenangan masing-masing paslon – sejumlah 9.802 kali.

“Banyak disebutnya KPU sebagai penyelanggara debat oleh netizen tidak terlepas dari topik-topik terkait yang sempat viral seperti penentuan moderator, perubahan format debat, hingga tak ada lagi kisi-kisi pada debat mendatang,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia Indonesia.

Sementara jumlah mention kata ‘Korupsi’ tidak terlepas dari isu-isu terkait yang naik pasca debat pertama serta penggunaan tagar #korupsigaseberapa.

Baca Juga :

Tags: